Saturday, April 6, 2013

Pengenalan Style Sheet pada Pemrograman Web

Pengenalan Style Sheet ~ Style Sheets merupakan feature yang sangat penting dalam membuat Dynamic HTML. Meskipun bukan merupakan suatu keharusan dalam membuat web, akan tetapi penggunaan style sheets merupakan kelebihan tersendiri. Suatu style sheet merupakan tempat dimana anda mengontrol dan memanage style-style yang ada. Style sheet mendeskripsikan bagaiman tampilan document HTML di layar. 

Anda juga bias menyebutnya sebaga template dari documents HTML yang menggunakanya. Anda juga bisa membuat efek-efek sepesial di web anda dengan menggunakan style sheet. Sebagai contoh anda bisa membuat style sheet yang mendefinisikan style untuk <H1> dengan style bold dan italic dan berwarna biru. Atau pada tag <P> yang akan di tampilkan dengan warna kuning dan menggunakan font verdana dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan dengan style sheet.

Secara teoritis anda bisa menggunakan style sheet technology dengan HTML. Akan tetapi pada prakteknya hanya Cascading Style Sheet (CSS) technology yang support pada hampir semua web Browser. Karena CSS telah di standarkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) untuk di gunakan di web browser.

Ada dua cara untuk merubah style dari web page anda yaitu dengan :
  • Merubah inline style
  • Menulis script untuk merubah style anda.
Dengan meggunakan inline style anda dapat membuat dynamic styletanpa harus menambahkan script ke web anda. Inline styles merupakanstyle yang bisa kita pasang pada element web tertentu saja.

Jika anda ingin menambahkan style pada <H1> dengan warna merah, anda harus mengeset attribut STYLE dari tag <H1>

<H1 STYLE=”color:red”>

jika anda ingin menggunakan script untuk memodifikasi inline style, anda dapat menggunakan Style Object. Style Object mensupport semua property yang di support CSS untuk style. Untuk menggunakan property pada script :
  1. Hilangkan tanda hubung “-” dari property CSS Style
  2. Ganti huruf setelah tanda hubung menjadi Capital.
Contoh:
font-weight menjadi fontWeight
text-align menjadi textAlign


Semoga artikel Pengenalan Style Sheet pada Pemrograman Web bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Pengenalan Style Sheet pada Pemrograman Web ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

Belajar Syntax - All Right Reserved.Powered By Blogger
Edit by : Agungjies.web.id