Wednesday, April 3, 2013

Keunggulan PHP Sebagai Bahasa Scripting Server Side

Keunggulan PHP Sebagai Bahasa Scripting Server Side ~ PHP (merupakan akronim dari : PHP Hypertext Preprocessor), adalah bahasa scripting sisi server (server-side) yang bisa ditempel di HTML (embedded). Ini berarti PHP bisa digunakan bersama-sama dengan dokumen HTML sehingga kita bisa membuat HTML itu dinamis sehingga bisa membuat halaman web lebih dinamis. Kita bisa membuat aplikasi web dengan lebih baik yang tidak sekedar pajangan-pajangan informasi yang susah untuk di-update.

Tetapi mengapa memilih PHP?, padahal masih banyak bahasa lain seperti ASP, Cold Fusion, Perl, Java dan lainnya. Penulis memilih PHP sebagai bahasa server side scripting karena kesederhanaannya (simplicity), PHP mempunyai native API untuk koneksi ke berbagai database sehingga otomatis koneksinya akan lebih cepat dibandingkan melalui ODBC (Open Database Conectivity) yang merupakan perantara antara bahasa scripting dengan database, sebagaimana yang selalu dilakukan oleh ASP misalnya. Selain itu PHP sangat cross-platform, yang berarti dapat berjalan di platform manapun baik di Windows atau pun di Unix. 

Berikut adalah beberapa keunggulan PHP selengkapnya:
  • Eksekusi scripting dilakukan sangat cepat sehingga meningkatkan throughput dari server.
  • Simplisitasnya menjadikan penulisan program PHP lebih pendek dan sederhana sekaligus mudah dipahami.
  • Dukungan koneksinya hampir ke semua database yang beredar sekarang ini termasuk
    MySQL, PostgreSQL, mSQL, Sybase, Informix, Interbase, Oracle, SQL Server, Ms Access,dBase dan masih banyak lainnya.
  • Selain menggunakan ODBC, PHP mempunyai native API untuk koneksi ke database,
    sehinngga akses ke database akan lebih cepat karena mengakses langsung ke database-nya (tidak melalui ODBC terlebih dahulu).
  • PHP dapat dipasang di beberapa web server seperti PWS, IIS, Apache, Xitami, Netscap Enterprise, AOL server dan Oreilly Wesite Pro. PHP juga dapat dipasang dengan mode CGI atau ISAPI.
  • PHP dapat berjalan di berbagai platform seperti Windows dan Unix. Ini memungkinkan programmer misalnya melakukan development di Windows untuk kemudian di pasang di Linux.
  • PHP adalah software open-source yang gratis dan bebas didistribusikan kembali di bawah lisensi GPL (GNU Public License). Source PHP dan file binernya dapat secara bebas didapatkan di Internet, yaitu di situs resminya http://www.php.net. Pengembangan PHP yang begitu cepat sehingga bug PHP dapat secara cepat dilaporkan dan diatasi hanya dalam hitungan hari bahkan hitungan jam.
     


Semoga artikel Keunggulan PHP Sebagai Bahasa Scripting Server Side bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Keunggulan PHP Sebagai Bahasa Scripting Server Side ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

Belajar Syntax - All Right Reserved.Powered By Blogger
Edit by : Agungjies.web.id