Thursday, April 4, 2013

Bentuk Penggunaan Skrip dari Javascript

Bentuk Skrip Dari Javascript ~Kode Script Pada JavaScript di Ikutkan dalam dokumen HTML. Javascript merupakan Skrip Client Side yang kodenya dapat dilihat di sisi client. salah satu contoh yang menunjukkan skrip tersebut merupakan skrip javaScript adalah sebagai Berikut :

<SCRIPT language="Javascript">
letakkan script anda disini
</SCRIPT>


  • Penggunaan Komentar 
Komentar biasanya dipasang pada skrip agar lebih mempermudah develop untuk mengidentifikasi suatu skrip, sehingga skrip dapat diberikan komentar sebagai keterangan dari skrip yang dibuat. Penggunaan komentar ini tidak akan mempengaruhi skrip yang telah dibuat. Berikut Contoh Penggunaan Komentar pada Java Script :

<SCRIPT language="Javascript">
<!--
letakkan komentar script anda disini
// -->
</SCRIPT>


Penulisan komentar di JavaScript  bisa menggunakan cara yang sama dengan aturan yang ada di bahasa C/C++ ataupun Java Seperti Berikut ini:

// semua karakter di belakang // tidak akan di eksekusi

untuk menulis komentar yang terdiri dari beberapa baris, bisa menggunakan skrip seperti dibaha ini :

/* Semua baris antara 2 tanda tersebut
tidak akan di eksekusi oleh
kompilator */



  • Penggunaan File Eksternal JavaScript
Cara berikutnya adalah menuliskan kode program JavaScript dalam suatu file teks dan kemudian file teks yang berisi kode JavaScript di panggil dari dalam dokumen HTML. Kode yang kita sisipkan kedalam dokumen HTML adalah sebagai berikut :
<SCRIPT LANGUAGE="Javascript" SRC="url/file.js"> </SCRIPT>

Dimana url/file.js adalah adalah lokasi dan nama file yang berisi kode JavaScript, jika perintah tambahan SRC tidak disertakan maka tag Script akan mencari kode yang terletak di dalam tag Script


Semoga artikel Bentuk Penggunaan Skrip dari Javascript bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Bentuk Penggunaan Skrip dari Javascript ini, like dan bagikan ketemanmu.

Pasnur said... On April 5, 2013 at 7:14 PM  

JavaScript bukan server side scripting seperti PHP, justru JavaScript adalah client side scripting sehingga listingnya bisa dilihat pada sisi client...

Agungjies said... On April 6, 2013 at 12:31 AM  

moho maaf pak atas kesalahan informasi di blog saya, artikelnya sudah saya update, e-book yang saya gunakan mengatakan seperti itu, setelah searching kembali, ternyata benar apa yang dikatakan bapak

Terima kasih Infonya

Post a Comment

Belajar Syntax - All Right Reserved.Powered By Blogger
Edit by : Agungjies.web.id