Thursday, August 22, 2013

Membuat Rich Text di PHP Menggunakan CKEditor


Membuat Rich Text di PHP Menggunakan CKEditor - Text Editor atau sering disebut dengan Rich Text adalah tool dalam banyak bentuk mulai dari menggunakan javascript, atau menggunakan jQuery yang Sudah Ada untuk menampilkan sebuah halaman dengan banyak fitur seperti membuat align pada halaman, dan memuat gambar dll. 

Tool yang akan saya gunakan Kali ini adalah salah satu Rich Text Editor yang sangat Populer dan Juga Open Source, Sehingga bisa digunakan tanpa harus membeli licensi dari pencipta tools tersebut yaitu CkEditor.

Untuk Menggunakan Ckeditor ini, dibutuhkan file jQuery yang bisa langsung di Download di Halaman Utama di www.ckeditor.com. Biasanya Rich Text ini digunakan untuk membuat File Input Berita yang banyak menggunakan tanda model-model penulisan tertentu, sama halnya dengan Editor yang ada pada komputer-Komputer Kebanyakan.

Sebelumnya dalam Pembuatan Rich Text, biasanya Tag yang digunakan Adalah tag textarea, salah satu Tag yang bisa digunakan utnuk memasukkan karakter yang tidak dibatasi jumlah karakternya, atau bisa juga menggunakan label. dan untuk menggunakan RichText milik CKEditor, maka anda akan menggunakan tag textarea.

Berikut adalah Cara untuk Membuat Halaman dengan Menggunakan Rich Text

  • Download Source Code CKEditor di www.ckeditor.com
  • Setelah Download Extract File ckeditor kedalam htcdocs anda
  • setelah di copy, buat file dengan nama index.php dan masukkan perintah Pemanggilan Function berikut ini pada bagian head file yang akan dibuat seperti dibawah ini.
<head>
<script type="text/javascript" src="ckeditor/style.js"></script>
<script type="text/javascript" src="ckeditor/ckeditor.js"></script>
</head>
<body>
<textarea class="ckeditor" name="editor" ></textarea>
</body>



  • Selesai


Semoga artikel Membuat Rich Text di PHP Menggunakan CKEditor bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Membuat Rich Text di PHP Menggunakan CKEditor ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

Belajar Syntax - All Right Reserved.Powered By Blogger
Edit by : Agungjies.web.id